APA ITU WEB CONTENT, WEB ANNOTATION, TAGGING, METADATA
& RICH SNIPPET?
§ WEB CONTENT
Web
atau Website
itu sendiri adalah halaman situs sistem informasi yang dapat diakses
secara cepat. sedangkan pengertian Content dalam sebuah website adalah
segala sesuatu yang dapat dilihat oleh pengunjung baik berupa gambar, tulisan,
animasi, video, suara, tombol navigasi dan sebagainya. content juga diartikan
sebagai "isi", merupakan struktur dan desain dari informasi yang
terdapat pada halaman situs. Jadi jika kita mengunjungi suatu website
sebenarnya yang kita kunjungi adalah content. Pengaturan content ini dilakukan
pada saat pemograman website (coding), entah itu jenis contentnya, warna,
posisi dan sebagainya. Hal inilah yang mendasari perencanaan pembuatan website
harus dilakukan sebaik mungkin, karena content-content yang akan ditampilkan
pada website baik posisi maupun jenisnya akan ditentukan dari sini. Jadi
kesimpulan dari pengertian Web Content adalah desain atau struktur isi dari
halaman situs sistem informasi yang dapat diakases dengan cepat.
§ WEB ANNOTATION
Web
Anotasi adalah salah satu cara untuk menambahkan informasi seperti catatan
kecil, komentar dan lain-lain. mengenai ide-ide atau pendapat pada suatu
halaman web tanpa mengubah halaman asli dari halaman tersebut. Anotasi dapat
dikategorikan dalam Semantic Web karena catatan kecil atau komentar-komentar
yang ditambahkan dapat didistribusikan, sehingga informasi (datanya) dapat
ditemukan dan saling berkaitan satu dengan yang lain. Anotasi web mengacu pada
anotasi online sumber daya web seperti halaman web atau bagiannya, dan
seperangkat standar W3C yang dikembangkan untuk tujuan ini
Tag
adalah penanda yang digunakan untuk memberi label konten Internet dengan
informasi tambahan. Mereka digunakan dengan berbagai cara, bergantung pada
konteks dan saluran tertentu. Proses
penandaan melibatkan penggunaan label untuk menyediakan konten dengan informasi
tambahan (menggunakan sekumpulan kata kunci tertentu). Pemberian tag terutama
digunakan untuk membuat informasi lebih mudah ditemukan atau ditautkan, dan ada
perbedaan antara tag blog dan tag media sosial.
Metadata
merupakan gabungan dari dua kata, yaitu “meta” yang berarti deskripsi atau
definisi mendasar, dan tentu saja “data”, yaitu sekumpulan informasi. Secara
singkat, metadata merupakan ringkasan detail mendasar tentang suatu data. Metadata
bisa membuat pencarian dan pengolahan data lebih mudah dan cepat. Hal ini
sering ditemukan untuk spreadsheet, video, foto atau gambar, dan bahkan laman
web. Dewasa ini, metadata di laman web sangat penting, khususnya untuk SEO
(search engine optimization). Biasanya, metadata ditampilkan dalam bentuk meta
tags yang mengandung kata kunci penting yang terkait dengan kontennya. Metadata
dapat dibuat secara manual ataupun dengan proses otomatis. Biasanya, proses
manual untuk membuat metadata adalah cara yang lebih akurat Pasalnya, proses
itu menggunakan manusia untuk meng-input dan melakukan pemeriksaan informasi
yang dinilai relevan, dibutuhkan, dan sesuai.Di sisi lain, otomatisasi metadata
biasanya bersifat lebih mendasar dan menampilkan data yang sudah lebih dahulu
diperkirakan, oleh karena itu hasilnya lebih terbatas.
Rich
snippet adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan penyajian data yang
ditampilkan pada pengguna saat memasukkan kata kunci pencarian di Google. Menurut
Unamo, rich snippet sebenarnya adalah structured data markup yang bisa
ditambahkan pemilik situs ke dalam kode HTML yang ada. Dengan menambahkan hal
ini, search engine atau mesin pencari bisa memahami dengan lebih baik mengenai
informasi apa yang ditampilkan sebuah halaman situs. Saat ini, rich snippet
digunakan untuk menyajikan informasi yang lebih lengkap dan mudah bagi pengguna
agar bisa segera menemukan apa yang mereka cari dalam waktu singkat. Dengan
rich snippet, ketika situsmu muncul di SERP Google, pengguna tidak hanya akan
mendapatkan cuplikan informasi yang terkandung dalam sebuah konten web. Mereka juga akan mendapatkan informasi
review-nya dan lain-lain. Melansir Ahrefs, rich snippet dianggap lebih menarik
secara visual.Biasanya, informasi yang muncul dengan rich snippet adalah hasil
pencarian informational-intent, contohnya pencarian tentang suatu resep, orang
tertentu, dan lain-lain.





Comments
Post a Comment